5 Cara Agar Tetap Fokus Ketika Belajar

 



Apa yang kalian pikirkan tentang belajar? Apakah semangat? Atau justru langsung berpikir membosankan? hayo ngaku…..

Belajar merupakan suatu kewajiban bagi seorang pelajar tentunya. Bisa dikatakan belajar juga merupakan suatu kebutuhan karena dengan belajar kalian akan mampu memahami setiap materi yang telah disampaikan. Tentunya dengan belajar akan menjadikan kalian mendapatkan hasil yang maksimal ketika menghadapi berbagai macam ujian di sekolah.

Tetapi ketika sedang belajar pasti pernah merasakan bosan, suntuk hingga berakibat materi yang dipelajari tidak bisa dipahami secara maksimal. Nah, untuk kalian yang sedang mengalami masalah tersebut, berikut ada beberapa tips untuk belajar tetap fokus, nyaman dan tetap santai.

  • 25 Menit Fokus 5 menit istirahat
    Tips yang pertama yaitu lakukan 25 menit untuk benar-benar fokus pada materi yang kalian pelajari. Jangan tergoda untuk menengok televisi ataupun mengambil smartphone hanya untuk memastikan tak ada pesan yang masuk, hehe. Kalian bisa menonaktifkan internet selama belajar agar fokus tetap terjaga. Jangan lupa untuk men-set timer di smartphone kalian ya. Setelah 25 menit fokus untuk belajar, gunakan waktu selama 5 menit untuk sekedar peregangan. Lakukan hal ini secara konsisten hingga dirasa kegiatan belajar hari ini cukup.

  • Pilih materi yang disukai
    Memilih materi yang disukai terlebih dahulu penting dilakukan. Hal ini dapat memacu semangat dalam belajar, dapat menjadikan kalian nyaman saat belajar dan juga menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar
  • Membuat study planner atau rencana belajar
    Membuat study planner sebelum belajar cukup efektif dilakukan agar kegiatan belajar tersturktur secara jelas dan efisien. Kalian dapat menuliskan poin apa saja yang akan dipelajari pada catatan kecil kemudian bisa ditempelkan di dinding ruang belajar supaya lebih menarik dan meningkatkan minat belajar kalian.
  • Self-Rewarding
    Bisa dilakukan dengan cara memberi hadiah diri sendiri apabila dalam proses belajar mencapai target yang diinginkan. Misalkan kalian mempunyai target untuk menghafal 25 kosakata Bahasa inggris dan kalian berhasil melakukannya maka akan ada hadiah tersendiri diakhir kegiatan belajar. Hadiah ini bisa berupa makanan ringan favorit atau yang lainnya tergantung minat kalian.
  • Musik
    Tips yang terakhir yaitu belajar dengan diiringi alunan musik yang menenangkan. Mungkin bagi sebagian orang belajar sambil mendengarkan musik justru menganggu konsentrasi, namun bagi kamu yang ingin belajar dengan suasana baru dapat mencoba tips ini. Pilih musik yang sesuai dengan selera, tetapi lebih disarankan menggunakan musik yang santai dan menenangkan untuk menciptakan suasana nyaman dan damai.

Yuk coba terapkan tips di atas, apakah cocok juga bagi kalian ? silahkan tinggalkan coment dibawah ya,, sayonaraaaa....

Komentar

Enjoy journey, you is the best ☻