Dampak dan Cara Mengatasi Bullying



Pasti kalian sering mendengar istilah bullying atau yang disebut juga dengan perundungan. Bullying biasanya sering terjadi di lingkungan sekolah meski tak  jarang juga terdapat kasus terjadi di lingkungan luar sekolah. Lalu, apa sih sebenarnya bullying itu? Bullying merupakan segala sesuatu yang merugikan, mengintimidasi, bahkan menyakiti orang lain yang dilakukan dengan sengaja dan berulang.

Dilihat dari definisinya bullying sebenarnya bersifat subjektif begitupula dampaknya. Maksudnya subjektif , ada beberapa orang yang merasa biasa saja adapula yang jadi kepikiran dan merasa rapuh akibat hal sekecil  apapun yang menyakiti dirinya. Tetapi, apabila bullying yang diterima secara terus-menerus akan mengakibatkan dampak buruk bagi seseorang yang menerimanya, diantaranya :

  1. Menyalahkan diri sendiri
  2. Mengurung diri dan menjad pribadi yang tertutup
  3. Merasa dikucilkan dari lingkungan
  4. Menjadi tidak percaya diri
  5. Bahkan bisa sampai depresi

Lantas, bagaimana cara agar tetap bisa menjalani hari dengan baik meski pernah atau sedang mengalami bullying? Mari kita simak bersama-sama.

Cara yang bisa dilakukan jika pernah atau sedang mengalami bullying yaitu :

    1.    Komunikasi perasaan dengan orang terdekat

Mengkomunikasikan perasaan kepada orang-orang terdekat dapat membantu mengurangi beban pikiran yang dialami. Melalui berbagi cerita dengan orang terdekat, kamu bisa mendapatkan motivasi, saran, maupun solusi membangun yang mampu menciptakan energi positif dalam diri sehingga bisa kembali bersemangat menjalani hari. 

    2. Self-forgiveness atau memaafkan diri sendiri

Seringkali kita merasa bahwa semua kesalalahan, keburukan ada pada diri kita sehingga kita pantas untuk menerima bullying. Jika kamu masih berpikiran seperti itu, berhenti dari sekarang. Berhenti untuk menyalahkan diri sendiri, berhenti untuk memandang buruk diri sendiri. Mulailah untuk belajar memaafkan diri sendiri yang dulu pernah merasa bahwa kamu pantas dibully karena kesalahan kamu. Sejatinya, manusia tak luput dari kesalahan. Dengan memaafkan diri sendiri kamu akan merasa lebih lega, dan terlepas dari pikiran negatif.

    3. Percaya diri

Ketika kamu mendapatkan perlakuan bullying, menjadi tetap percaya diri dengan energi positif yang ada di diri kamu menjadikanmu terlihat kuat dan bermental kuat. Jangan biarkan perlakuan orang lain membuat kamu menjadi lemah, karena memang itulah tujuan orang lain berlaku seperti itu, untuk menjadikanmu lemah dan seolah tak memiliki kekuatan. Maka tunjukkan bahwa kamu mampu untuk tetap semangat, percaya diri dan berpikir positif.

    4. Bergabung dengan organisasi  kepemimpinan

Untuk kamu yang masih bersekolah, cara ini dapat kamu terapkan. Dengan bergabung organisasi kepemimpinan kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu yang positif, melatih keberanian dan kepercayaan dirimu, berjumpa orang-orang dengan energi positif yang dapat memotivasimu. Sehingga apabila kamu sedang menghadapi perlakuan bullying kamu mampu mengambil sikap dengan pikiran positif.

    5. Cari lingkungan pertemanan yang positif

Berkumpul dengan teman-teman yang saling mengerti dan memahami akan memberikanmu kenyamanan dalam menjalani hari. Mereka bisa menjadi pendukungmu ketika kamu merasa lelah akibat perlakuan buruk orang lain yang kamu terima. Dengan berkumpul bersama mereka, kamu akan merasa lebih lega dan menyadari bahwa tak semua orang berlaku buruk kepadamu. Masih ada teman-temanmu yang baik kepadamu dan selalu ada jika kamu butuh bantuan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan apabila kamu pernah menerima atau sedang mengalami bullying. Untuk kamu yang sedang mengalami bullying, jangan menyalahkan dirimu sendiri, tetaplah bersemangat, karena masih banyak orang yang peduli denganmu dibanding yang berlaku buruk terhadapmu. Untuk kamu yang membaca artikel kali ini, jangan sampai menjadi pelaku bullying ya, karena efek yang ditimbulkan merugikan orang lain. Tetap menebar kebaikan ke semua orang yaa. Sampai jumpa

Komentar

Enjoy journey, you is the best ☻