Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Tempe



    Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata tempe? Ketoprak atau gado-gado?  Yap, tempe merupakan salah satu makanan yang tentunya tidak asing bagi kita. Makanan berbahan dasar kedelai ini biasa digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai olahan masakan maupun diolah sebagai lauk makan.

    Selain rasanya yang gurih, ternyata tempe mempunyai berbagai  kandungan diantaranya protein, lemak sehat,karbohidrat, serat,beragam vitamin B, mineral yang tentunya baik bagi tubuh. Tak heran jika bukan hanya masyarakat lokal yang menyukai tempe, orang asing dari negara lainpun tak jarang jatuh cinta dengan makanan lokal yang satu ini. Mereka menyukainya karena tempe merupakan makanan yang bisa dikonsumsi bagi vegetarian sebagai pengganti daging. Meski mereka menyatakan bahwa tempe yang mereka konsumsi di negara mereka terasa berbeda jika dibandingkan dengan tempe asli Indonesia.

Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat yang dapat kita dapatkan dari tempe ini, mari simak penjelasannya,

1.    Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan protein tinggi pada tempe dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Sehingga mengkonsumsi tempe dapat dikatakan bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung.

2.    Menurunkan tekanan darah

Tempe memiliki kandungan magnesium yang memiliki peranan yang berguna tehadap system metabolisme tubuh.

3.    Menjaga system pencernaan tubuh

Serat merupakan salah satu kebutuhan untuk system pencernaan kita. Tempe memiliki serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi tempe sangat bermanfaat bagi system pencernaan kita.

4.    Mencegah kanker

Tempe mengandung antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga dengan mengkonsumsi tempe dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

5.    Mengandung protein bebas lemak

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet tak perlu khawatir lagi terhadap asupan protein yang tetap kamu butuhkan. Kamu dapat mengkonsumsi tempe sebagai sumber protein karena protein yang terkandung dalam tempe yaitu protein bebas lemak yang cocok untuk diet.

Nah, itulah beberapa manfaat tempe yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsinya. Dengan berbagai kandungan baik bagi tubuh tak heran jika tempe menjadi makanan favorit masyarakat lokal hingga mancanegara.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat

Komentar

Enjoy journey, you is the best ☻