Manfaat Jahe Bagi Kesehatan



Jahe termasuk rempah-rempah yang sangat disukai warga indonesia, selain bisa untuk bumbu makanan, jahe juga bisa disajikan sebagai minuman. Kalian juga bisa mencampurkan jahe dengan susu, dan itu sangat nikmat. 

Sejak jaman dahulu, semua orang sudah merasakan manfaat jahe, tapi sebenarnya apa sajakah manfaat jahe ini ? Kali ini saya akan bagikan kepada kalian, apa saja sih manfaat jahe bagi kesehatan ?

Mengurangi nyeri otot

 Jahe mengandung yang disebut gingerol yang terbukti memiliki efek analgesik dan anti inflamasi. Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam The Journal of Pain menyebutkan bahwa mengkonsumsi sedikit jahe setiap hari dapat membantu menjaga peradangan tetap rendah dan juga bisa membantu meringankan nyeri otot dari cedera yang disebabkan oleh olahraga.

Penelitian lain menyebutkan, jika jahe dikonsumsi setelah latihan olahraga dapat membantu mencegah nyeri otot berkembang dalam beberapa hari setelah latihan.

Meringankan Kram Saat Haid

Beberapa penelitian menujukkan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit padawanita dismenore primer. Sebuah analisis terbaru dari semua penelitian yang relevan menyimpulkan bahwa wanita dengan dismenore (nyeri) mungkin merasa lega ketika mengkonsumsi jahe tiga hari pertama dari siklus mereka, tetapi penelitian lebih lanjut belum dilakukan.

Oleh karena itu,tidak ada salahnya jika kalian yang sering merasakan sakit saat haid, menambahkan jahe pada miniman kalian, dan rasakan sendiri, apakah membantu atau tidak.

Mengurangi Mual

Selama ini, jika kalian merasa mual, apa yang kalian lakukan? Minum teh hangat? atau mengoleskan minyak di bagian perut? jika hal tersebut sudah kalian lakukan tapi masih merasamual,cobalah campurkan jahe geprek pada teh yang kalian minum, dan rasakan perbedaanya.

Mengatasi Peradangan

Komponen pedas dalam jahe juga dikenal sebagai oleoresin yang memiliki efek anti inflamasi kuat.

Itulah beberapa manfaat dari jahe, jika ada kekurangan atau kelebihan dalam menyampaikan informasi, mari berdiskusi di kolom komentar. Bantu saya jika ada kesalahan supaya tidak terjadi berita yang menyesatkan.

Komentar

Enjoy journey, you is the best ☻